Desa Ambit, Situraja, Sumedang

A. Sejarah Desa

Desa Ambit merupakan pemekaran dari Desa Suka Ambit, yaitu Sukatali dan Ambit pada tahun 1982. Alasan terjadinya pemekaran adalah karena jumlah penduduk melebihi ketentuan sebuah desa, yaitu dengan syarat satu desa berpenduduk ± 2.000 jiwa.

Berdasarkan keterangan dari sesepuh desa, “AMBIT” berasal dari nama sebuah pohon besar yang pada waktu itu berada di tengah-tengah desa. Sekarang, pohon ambit ini dilestarikan di halaman kantor Kepala Desa Ambit.

Setelah terjadi pemekaran wilayah, Desa Ambit sudah beberapa kali melaksanakan pemilihan Kepala Desa. Dengan demikian Desa Ambit secara bergantian dipimpin oleh seorang Kepala Desa atau biasa disebut masyarakat dengan istilah "Kuwu". Orang-orang yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa di Desa Ambit dan masa jabatannya bisa dilihat di tabel berikut ini:

Gambar 1

B. Sejarah Pembangunan Desa

Kegiatan pembangunan di Desa Ambit telah dilaksanakan seiring dengan perubahan kepemimpinan Kepala Desa. Kebersamaan pemerintah desa dengan seluruh lapisan masyarakat bahu-membahu dalam melaksanakan pembangunan telah dirasakan manfaatnya.

Adapun beberapa peristiwa alam dan kegiatan penting yang pernah dilaksanakan pemerintah Desa Ambit bersama-sama dengan masyarakat yang cukup berpengaruh dalam sejarah dan perkembangan pembangunan di Desa Ambit bisa dilihat di linimasa sejarah pembangunan Desa Ambit berikut ini: (Klik untuk perbesar gambar)

Sejarah pembangunan desa

Lihat juga: Data Demografis, Data Geografis, Potensi, Tata Pemerintahan