Orientasi Politik

Desa Bagjasari, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, merupakan salah satu desa yang memiliki banyak potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Pemimpin desa di bagjasari biasanya disebut dengan istilah “Kuwu” yang dipilih secara langsung oleh masyarakat melalui pemilihan umum desa. Kepala desa yang terpilih memiliki visi misi yang merupakan tujuan utama nya untuk di wujudkan selama masa jabatan nya, dan berdasarkan hasil diskusi kami dengan aparatur desa, bahwa visi dan misi yang mereka buat untuk membangun desa belum secara keseluruhan terimplementasi kepada masyarakat, selain itu juga mengenai organisasi politik di desa bagjasari, tidak adanya partai politik yang mendominasi. Dan untuk organisasi masyarakat terdiri dari DKM, Karang taruna, serta PKK. Kelembagaan yang terdapat di Desa Bagjasari adalah sebagai berikut :

  1. Kepala desa dan aparatur desa yang berfungsi untuk menjalankan sistem pemerintahan di desa untuk mewujudkan visi misi yang telah di rencanakan.
  2. BPD (Badan Pengawas Desa) lembaga ini berfungsi untuk mengawasi berjalan nya sistem pemerintahan di desa, dan memberikan pertimbangan kepada kepala desa dan aparaturnya, terhadap program yang akan dilaksanankan.
  3. LPM (lembaga Pemberdayaan masyarakat) merupakan badan yang berfungsi untuk membantu aparatur desa dalam menjalankan program nya serta membantu mengalokasikan dana hibah yang dapat digunakan untuk pembangunan desa.
  4. Karang taruna merupakan organisasi yang berfungsi menjalankan kegiatan atau program desa, guna memberdayakan pemuda/I yang ada di desa.
  5. PKK yaitu salah satu organisasi desa dan didalam nya terdapat program posyandu yang berfungsi untuk memfasilitasi kesehatan balita maupun batita, serta di jalankan oleh bidan desa dan masyarakat.
  6. BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) suatu badan yang mengurusi usaha desa.

Sedangkan, untuk struktur pemerintahan Desa Bagjasari adalah sebagai berikut.

Struktur Organisasi Pemerintah Desa Bagjasari

 

Kepala Desa                                        : Usup Supratman, SE.

Sekretaris Desa                                    : Olisudin

Kepala Urusan Umum                         : Syifa Aulia

Kepala Urusan Keuangan                   : Suci Hotimah

Kasi Pemerintahan                              : Mustopa

Kasi Ekonomi dan Pembangunan       : Muslisin T.Sontani

Kasi Kesejahteraan Rakyat                 : Farhan Jajili

Kepala Dusun Blok Desa                    : Suganda

Kepala Dusun Blok Tonggoh              : Darmawan

Kepala Dusun Blok Timur                  : Nono Mulyana

Kepala Dusun Blok Landeuh              : Dede Hasim

Susunan Organisasi TP.PKK Desa Bagjasari

 

Struktur Organisasi LPM Desa Bagjasari