Orientasi Wilayah

Dalam pelaksanaan kegiatan KKNM ini, ada tujuh orientasi yang harus kami tuntaskan, salah satunya adalah orientasi wilayah yang telah dilaksanakan pada minggu pertama pelaksanaan KKNM ini. Salah satu desa yang dijadikan target KKNM Universitas Padjadjaran adalah Desa Bagjasari Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka yang merupakan daerah pertanian dan perikanan.

Peta Desa Bagjasari

Desa Bagjasari berada di koordinat 108,357803 longitude dan -7,002800 latitude, dengan ketinggian sekitar 953 Mdpl. Luas wilayah Desa Bagjasari, yaitu 165,20 Ha dengan luas pemukiman 20,46 Ha, luas persawahan 122 Ha, luas perkebunan 6,22 Ha, luas kuburan 2,04 Ha, luas perkantoran, 0,10 Ha.

Batas Wilayah Desa

Berdasarkan data primer yang kami dapatkan, batas-batas Desa Bagjasari adalah sebagai berikut: sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kasturi, sebelah utara berbatasan dengan Desa Sunalari-Cilangcang, timur berbatasan dengan Desa Jagasari,dan barat berbatasan dengan Banjaransari-Sukasari.

Desa Bagjasari terdiri dari empat blok, yaitu blok desa, blok katanggur landeuh, blok katanggur tonggoh,dan blok timur. Dari keempat blok tersebut, terdapat sekian rt dan rw. Jumlah penduduk total yang tercatat pada tahun 2015 sejumlah 3677 orang dengan jumlah laki-laki sebanyak 1860 orang dan perempuan 1817 orang, dan jumlah kepala keluarga 1105 kk, dengan kepadatan penduduk 2.225,79 per kilometer.

Kantor Kepala Desa Bagjasari

Adapun sarana dan prasarana yang terdapat di Desa Bagjasari diantaranya adalah Balai Desa yang merupakan kantor pemerintahan Desa yang dipimpin oleh kepala desa.

Masjid di Blok Desa
Masjid di Blok Timur
Masjid di Blok Katanggur Tonggoh
Masjid di Blok Katanggur Landeuh

Terdapat juga empat bangunan masjid sebagai sarana keagamaan. Untuk sarana olah raga, terdapat dua lapangan yaitu lapangan futsal dan voli. Terdapat juga sarana kesehatan, belum terdapat puskesmas di Desa Bagjasari, namun sudah tersedia empat posyandu yang terdapat di masing-masing blok. Sarana pendidikan terbagi ke dalam tiga gedung Sekolah Dasar, tiga gedung Taman Kanak-Kanak. Sekolah dasar yang ada di Desa Bagjadari yaitu, SDN Bagjasari 1, SDN Bagjasari 2, dan SDN Bagjasari 3. SDN Bagjasari 1 terletak di blok desa, SDN Bagjasari 2 terletak di blok timur, dan SDN Bagjasari 3 terletak di blok katangur landeuh. Selanjutnya, untuk sarana ekonomi diantaranya warung, pasar minggu, peternakan ayam, penggilingan padi, dan lain sebagainya.

Akses menuju desa terbilang mudah, jarak dari kecamatan Cikijing menuju desa hanya sejauh 3 KM dengan jalan yang terbilang bagus karena telah beraspal. Sarana transportasi dari gardu menuju desa hanya tersedia ojek.