Potensi Desa

Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia dimanapun berada. Tidak banyak daerah yang memiliki sumber daya alam berupa air dengan cadangan yang besar. Desa Bagjasari memiliki potensi sumber daya alam berupa air yang melimpah. Sehingga potensi inilah yang dimanfaatkan oleh Desa untuk sumber kehidupan warganya. Terdapat tujuh mata air yang tersebar di seluruh Desa, diantaranya :

  1. Mata Air Cisarongge
  2. Mata Air Cisampih
  3. Mata Air Cidoak
  4. Mata air Hastanagede
  5. Mata Air Citambak
  6. Mata Air Tiarakoneng
  7. Mata air Cipancur

Ke tujuh sumber mata air ini memiliki kualitas yang sangat baik dengan Ph yang seimbang dan telah dimanfaatkan oleh 1100 Kepala Keluarga (KK). Sudah ada lembaga pemerintahan yang telah menguji kualitas air disini dan menyimpulkan bahwa air dari ketujuh mata air tersebut layak untuk dikonsumsi oleh masyarakatnya. Tidak sedikit perusahaan yang menawarkan kerjasama untuk mengelola sumber mata air tersebut.

Ketujuh sumber mata air di Desa Bagjasari dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat seperti dibidang pertanian, perikanan, irigasi, maupun untuk konsumsi sehari-hari.  Meskipun musim kemarau sedang berlansung, intensitas air yang dihasilkan tidak pernah berkurang sehingga Desa Bagjasari tidak pernah mengalami kekeringan. Hal ini sangat membantu masyarakat khususnya yang memiliki mata pencaharian di bidang pertanian. Air dengan intensitas yang tinggi dan kualitas yang baik membuat panen padi di Desa ini dapat berlangsung 3-4 kali setahun dengan rata-rata sekali panen 6 ton perhektar, jika dikalikan dengan lahan pada seluas 135 Ha maka Desa Bagjasari mampu menghasilkan 810 ton padi per panennya. Selain keuntungan di bidang pertanian, sumber mata air juga dimanfaatkan untuk perikanan. Terdapat lahan perikanan seluas 2 Ha atau sekitar 200 kolam ikan  dengan 4 kolam besar yang menggunakan sumber mata air tersebut.

Sumber mata air yang dimanfaatkan di Desa ini salah satunya untuk saluran irigasi persawahan warga. Dengan adanya saluran irigasi, aktivitas pertanian sangat terbantu dan perekonomian dapat berkembang. Di Desa Bagjasari sendiri memiliki empat saluran irigasi induk yang terbagi di setiap Blok, yaitu :

  1. Ciduak 1 di Katanggur Tonggoh
  2. Ciduak 2 di Blok Desa
  3. Ciduak 3 di Blok Timur
  4. Cisarongge

keempat saluran irigasi tersebut sampai saat ini dikelola dengan sangat baik. Bentuk lahan pertanian yang berundak-undak (terasering) membuat saluran irigasi berfungsi dengan baik.

Ketersedian sumber mata air yang melimpah di Desa Bagjasari juga dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan Desa. Sebanyak tiga Desa disekitar Desa Bagjasari menggunakan air yang bersumber dari mata air tersebut, diantaranya Desa Kasturi, Desa Banjaransari dan Desa Sindang. Ketiga Desa tersebut melakukan kontrak pertahunnya yang hasil penjualannya dimasukan ke pendapatan Desa.

Kkn hari ke2_5093 Kkn hari ke2_1068mata air cisarongge