Pola Hidup Sehat Masyarakat

  • Berbincang dengan masyarakat desa mengenai kesehatan dan pola hidup sehat
Berbincang dengan Ibu PKK di Blok Katanggur Tonggoh

Didalam kegiatan ini jarang terdapat wabah penyakit, untuk imunisasi pada bayi dilakukan setiap bulan. Bidan di Bagjasari hanya berjumlah satu bidan saja. Untuk Puskesmas sendiri di Desa Bagjasari tidak ada dan Puskesmas hanya terdapat di kecamatan Cikijing.

  • Observasi Lapangan

Untuk kegiatan observasi lapangan pertama dilakukan tahap mengunjungi beberapa rumah warga setelah itu kita baru akan mengetahui ada atau tidaknya penyakit atau kelainan yang terdapat di desa Bagjasari. Setelah dilakukan observasi didapatkan hasil yaitu Terdapat kasus penyakit diare pada bayi dan masih terdapat beberapa warga yang kekurangan gizi atau nutrisi.

Bidan di Desa Bagjasari

Kegiatan Posyandu yang ada di desa Bagjasari  yaitu angka kelahiram bayi cukup tinggi, partisipasi warga desa yaitu Ibu dan bayi pada Posyandu hanya sekitar 50%. Namun kegiatan Posyandu tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya. Di Desa Bagjasari sendiri masih sangat kurang sekali edukasi mengenai pentingnya proses melahirkan di fasilitas kesehatan dan asupan nutrisi pada saat menyusui.

  • Sosialisasi mengenai Penggolongan Sampah

Mengenai Sosialisasi tentang penggolongan sampah masyarakat setempat diharapkan dapat menggolongkan sampah organik dan anorganik serta manfaatnya.

  • Senam Pagi bersama Warga

Senam pagi yang dilakukan bersama warga desa Bagjasari guna untuk meningkatkan kebersaan dan kebugaran jasmani