Edukasi Sampah dan Pemilahannya

Pamflet Konsep Pemilahan Sampah

Sosialisasi tentang sampah dan bagaimana pemilahannya dilakukan selama kegiatan KKNM Universitas Padjadjaran tahun 2017 di Desa Bagjasari, Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Sosialisasi dilakukan di berbagai kalangan, termasuk di tingkat sekolah dasar. Desa Bagjasari memiliki tiga sekolah dasar; SD Negeri Bagjasari I, SD Negeri Bagjasari II dan SD Negeri Bagjasari III. Mahasiswa melakukan sosialisasi ke sekolah tersebut pada hari Sabtu, 21 Januari 2017.

Kegiatan edukasi di SDN Bagjasari I
Game bersama siswa-siswi SDN Bagjasari I, perbedaan sampah organik dan anorganik
Penjelasan dan penuturan jawaban salah dan benar tentang sampah organik dan anorganik
Pemberian Reward untuk siswa SDN Bagjasari I
Foto bersama siswa-siswi SDN Bagjasari I

Pada kegiatan tersebut diberikan gambaran akan lingkungan sehat dan tidak sehat serta adanya sampah di lingkungan kepada siswa-siswi SD tersebut. Selanjutnya diberi penjelasan dan pemahaman akan adanya jenis sampah di lingkungan sekitar, yaitu sampah organik seperti kertas, kayu, daun, sisa makanan, kulit buah dan sampah dapur serta sampah anorganik seperti plastik, kain, kaleng, kemasan bekas makanan, botol minuman, besi dan kaca. Kemudian diberikan simulasi berupa games yaitu memasukkan sampah ke tempat sesuai jenis sampahnya dan dilakukan oleh seluruh tingkat kelas di SD tersebut. Untuk menanamkan akan cinta lingkungan, seluruh siswa-siswi di SD melakukan gotong royong atau yang  disebut operasi bersih di lingkungan sekolah bersama mahasiswa KKNM Universitas Padjadjaran dengan mengaplikasikan penjelasan yang sudah diberikan yaitu memasukkan sampah yang didapat ke dalam trashbag sesuai jenis sampahnya.

Foto bersama siswa-siswi SDN Bagjasari III

Terlihat minat dan antusias siswa-siswi di tiap SD tersebut dalam mengikuti selama rangkaian kegiatan.  Untuk menutup kegiatan, siswa-siswi diberikan kuis yaitu menjawab pertanyaan dari mahasiswa dan diberi hadiah atas jawaban mereka. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama antara siswa-siswi SD dengan seluruh mahasiswa KKNM Universitas Padjadjaran. Diharapkan setelah kegiatan tersebut, siswa-siswi SD di Desa Bagjasari lebih menyadari akan pentingnya lingkungan bersih dan pemilahan sampah sesuai jenisnya dengan bimbingan dari guru di SD tersebut.