Blog Desa

Perkembangan jaman memasuki pada tahap dimana informasi menjadi sebuah kebutuhan penting dalam masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Berbagai program teknologi informasi dan komunikasi semakin canggih dalam memudahkan pemenuhan kebutuhan manusia dalam berbagai kegiatannya. Perkembangan teknologi saat ini tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat kota saja namun juga oleh masyarakat pedesaan, begitu pula dengan masyarakat di Desa Bagjasari ini. Masyarakat Desa Bagjasari sudah tidak asing lagi dengan penggunaan telepon pintar, internet dan lain-lain. Walaupun belum semua wilayah di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi informasi namun dengan seiring waktu berjalan niscaya teknologi informasi akan sangat cepat berkembang hingga pelosok wilayah Indonesia, begitu pula dengan Desa Bagjasari kecepatan akses internet maksimal berada pada broadband 3G.

Dikutip dari Sulistyowati dalam Jurnal Komunikasi ASPIKOM, pemerintah melalui Depkominfo pun sudah mulai mencanangkan beberapa kebijakan dalam rangka mewujudkan era informasi salah satunya adalah mengembangkan program desa informasi. Melalui program ini, diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan pembangunan perekonomian warga masyarakat yang berada di wilayah perbatasan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi, yang dicanangkan sejak tahun 2009 (S. Bayu Wahyono, 2011: 128). Untuk mewujudkan program desa informasi, pemerintah melalui Depkominfo mengembangkan program internet di desa sehingga saat ini bisa dikatakan internet telah masuk ke berbagai desa khususnya di Jawa. Berdasarkan data dari Depkominfo, pemerintah melalui Depkominfo mengeluarkan beberapa program dalam rangka memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk pengembangan informasi di desa misalnya dengan program desa perintis (2005), terhubungnya desa dengan fasilitas telekomunikasi; desa berdering terpadu (2010), desa online (2015), peningkatan kualitas dan kuantitas layanan hingga 10 sst untuk 1 desa, dilanjutkan dengan penyediaan barang akses internet; desa multimedia (2020), pemanfaatan TIK sudah menjadi kebutuhan masyarakat desa dalam aktivitas sehari-hari dan menjadikan TIK sebagai sarana untuk meningkatkan kegiatan perekonomian di desa.

Desa Bagjasari belum memiliki sebuah sistem informasi yang mempermudah aparatur dan warga desanya dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi. Pada dasarnya, desa memiliki karakteristik tersendiri dalam hal komunikasi dan informasi kepada warganya. Sejak awal desa mempunyai sistem informasi yang berkembang dengan mekanisme papan pengumuman informasi dan komunikasi lisan antarwarga. Namun, perkembangan data terus berkembang dalam ukurannya maka dibutuhkan sebuah fasilitas lain untuk mengelola agar lebih konseptual dan sistematis, dengan memanfaatkan teknologi terkini memungkinkan sekali Desa Bagjasari memiliki sebuah sistem jaringan informasi desa yang terpadu.

Pelatihan bimbingan pembuatan website desa

Tahapan yang akan kami lakukan untuk membangun serta mengembangkan sebuah jaringan informasi, yaitu: (1) Mengadakan pelatihan untuk SDM dari pihak balai desa untuk membuat dan mengelola website desa, pada tahap iniĀ  sudah direalisasikan dimana terdapat tim yang ditugaskan sebagai penanggungjawab dan pelatih pegawai untuk mengelola website, (2) Melakukan pertemuan dan membuat perjanjian kerjasama antarblok dengan diwakili oleh kepala blok, (3) Pelaksanaan teknis dan evaluasi. Tujuan dibuatnya jaringan informasi antarblok di Desa ini adalah, untuk memudahkan pengelolaan informasi dan pegaturan serta penyampaian jadwal posyandu, gotong royong, jadwal rutin pengajian, dan sebagainya serta bisa dijadikan sebagai pusat data informasi desa.