Konsep Pariwisata: Ruang Anak dan Terbuka Hijau

Konsep Pariwisata Desa Bagjasari dengan Memanfaatkan Potensi Lahan Desa

Desa Bagjasari yang terletak di kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka memiliki empat blok, yang terdiri dari blok desa, blok landeuh, blok tonggoh, dan blok timur. Desa bagjasari memiliki banyak potensi sumber daya alam, salah satunya adalah luasnya lahan yang belum dikembangkan atau dimanfaatkan di desa bagjasari, dimana lahan lahan kosong ini seharusnya dapat lebih produktif, jika dikembangkan sebagai potensi wisata, setidaknya menarik wisatawan lokal, maupun masyarakat sekitar majalengka, melihat masih minimalnya pengembangan potensi pariwisata di kecamatan cikijing. Salah satu lahan yang memilki potensi paling besar adalah lahan kosong yang terdapat di blok tonggoh, hal ini dikarenakan lahan kosong tersebut memiliki luas yang cukup besar dan permukaan tanahnya yang rata, dan juga memilki akses paling dekat dengan jalan utama, yaitu jalan raya cikijing-darma. Melihat faktor faktor pendukung lainnya, seperti kepadatan pemukiman yang tidak terlalu padat dan latar belakang lahan yang masih natural.

Tampak Depan -Design by Dinda Shadrina, 2017

Selain sebagai potensi wisata wisatawan lokal, pembuatan taman di blok tonggoh dapat memberikan suatu manfaat untuk masyarakat desa bagjasari, karena perlu kita ketahui di desa bagjasari belum adanya ruang publik hijau terbuka, dengan demikian pembuatan taman diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat bagjasari, dan juga membantu masyarakt dalam menjalani hubungan sosial mereka, pembuatan taman merupakan salah satu langkah untuk lebih mendekatkan masyarakat desa bagjasari antar blok, bukan hanya itu taman yang dikonsep dengan menarik, akan memberikan daya tarik masyarakat umum untuk berkunjung terhadap desa bagjasari. Taman yang akan di buat di blok tonggoh memiliki sebuah deskripsi yaitu terdapat pohon hijau yang sejuk untuk memberikan ruang terbuka hijau bagi masyarakat yang berkunjung, terdapat sebuah jungkat – jungkit yang bisa dimainkan anak anak desa bagjasari ketika mengunjungi taman tersebut, bukan hanya itu di taman tersebut akan di bentuk sebuah tempat pendopo kecil, yang bisa digunakan untuk diskusi ataupun tempat membaca.

-Design by Dinda Shadrina, 2017

Pada dasarnya pembentukan taman sangat penting, karena dapat menarik daya kunjung masyarakat ke desa bagjasari, selain itu taman ini menjadi sarana untuk mengeksistenskan desa bagjasari agar lebih dikenal oleh masyarakat umum, dengan keindahan taman nya memberikan ciri khas sendiri, bahwa desa bagjasari memiliki ruang publik hijau terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakat nya. Taman ini pula juga dapat dijadikan sebagai ciri khas desa bagjasari dibandingkan desa lainnya, dan menjadikan daya tarik tersendiri.