Hasil Orientasi Aspek Ekonomi Desa Cibadak

Desa Cibadak merupakan desa yang masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai wiraswasta sehingga sektor perekonomian di Desa Cibadak sangat bergantung kepada kegiatan jual beli yang dijalankan oleh warganya. Kegiatan perekonomian yang ada di Desa Cibadak ini relatif lebih menonjol jika dibandingkan dengan desa lain karena kegiatan perekonomian yang terjadi di Desa Cibadak ini relatif lebih heterogen. Kegiatan perekonomian yang terjadi di Desa Cibadak meliputi pertanian, usaha makanan ringan dan kerajinan, serta perniagaan. Dari beberapa aspek yang disebutkan, aspek usaha makanan ringan dan kerajinan anyaman di Desa Cibadak merupakan aspek yang paling kuat dalam mendukung perekonomian jika dibandingkan dengan aspek yang lain.

Perekonomian yang berbasis pertanian yang berada di Desa Cibadak ini terkonsentrasi di Dusun Cibeureum dimana di luas sdusun ini terdapat kurang lebih 120 hektar sawah yang terbentang luas. Dikarenakan sudah padatnya pemukiman warga Desa, luas sawah di Desa Cibadak lebih kecil dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Banjarsari. Kelompok tani tidak terlalu aktif mengorganisir kegiatan petani termasuk pengayaan pengetahuan petani maupun pemasaran.

Untuk usaha makanan ringan dan kerajinan, terkonsentrasi di Dusun Mekarsari dan Wanayasa dimana usaha-usaha ini sudah cukup maju, bisa dilihat dari pemasarannya yang telah mencapai ke luar kota seperti Jawa Tengah, Tasik, Bandung, Cianjur, Pangandaran dan lainnya. Usaha-usaha ini juga membantu masyarakat Cibadak untuk mendapatkan mata pencaharian karena usaha-usaha ini merupakan aspek yang paling banyak menciptakan lapangan pekerjaan di Desa Cibadak. Dalam upaya memajukan usaha-usaha tersebut, telah dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai bentuk realisasi program pemerintah pusat dan daerah dalam pengembangan desa. Salah satu permasalahan dalam perekonomian yang terjadi di Desa Cibadak adalah belum efektifnya program yang dicanangkan oleh BUMDes sehingga belum terlihat sinergisasi antara UMKM dan BUMDes, yang sangat disayangkan karena potensi yang dimiliki usaha di Desa Cibadak sangat besar, dan akan lebih baik jika dapat menjadi bagian dari pengembangan perekonomian nasional.

Kegiatan ekonomi lainnya yang terdapat di Desa Cibadak adalah perniagaan. Banyak penduduk pendatang dari Jawa Tengah karena lokasi Cibadak yang berada di Kecamatan Banjarsari yang merupakan wilayah yang dekat dengan Jawa Tengah dan Pangandaran. Para penduduk pendatang memilih membuka usaha perniagaan seperti toko buah-buahan, toko makanan, pakaian dan  berbagai jenis usaha lainnya.

Selain itu sarana-sarana yang terdapat di Desa Cibadak untuk mengembangkan sektor perekonomian antara lain yaitu pasar, koperasi, perkreditan, dan kelompok tani. Pasar di Desa Cibadak ini merupakan pusat pasar yang ada di Kecamatan Banjarsari dan akses untuk mencapai pasar sendiri mudah dijangkau. Wilayah pasar yang cukup luas dan dengan produk dagangan yang cukup bermacam-macam ini membuat pasar Desa Cibadak banyak dikunjungi oleh konsumen yang tidak hanya berasal dari Kecamatan Banjarsari saja tetapi beberapa masyarakat yang berasal dari Kecamatan Lakbok dan Purwadadi pun sering mampir untuk berbelanja. Di pasar ini juga terdapat pasar yang khusus menjual domba dan dinamakan Pasar Domba. Penjualan domba-domba yang dijual di Pasar Domba  sudah mencapai luar kota seperti Garut, Bandung, dll.