Hasil Orientasi Aspek Keagamaan Desa Cibadak

Desa Cibadak merupakan desa yang tergolong agamis dengan mayoritas pemeluk agama Islam. Terlihat dari salah satu visi dari Desa Cibadak itu sendiri yaitu METAL yang merupakan singkatan dari Mandiri, Endah, Tertib, Agamis dan Lestari. Hampir seluruh masyarakat di Desa Cibadak memeluk Agama Islam. Desa Cibadak sendiri terbagi menjadi tiga dusun diantaranya Wanayasa, Cibereum dan Mekarsari. Diantara ketiga dusun tersebut mempunyai ORMAS Keagamaan yang berbeda- beda. Diantaranya terdapat Muhammadiyah, Persatuan Umat Islam (PUI), Nahdlatul Ulama (NU), Pesatuan Islam (PERSIS).

Kegiatan keagamaan di Desa Cibadak diantaranya adalah kegiatan pengajian yang dilakukan setiap 3-4 kali dalam satu pekan. Berikut adalah jadwal kegiatan pengajian di Desa Cibadak :

No Mesjid Hari Waktu RT Dusun
1 Nurul Ansor Senin 14:00 WIB 23 Mekarsari
2 Nurul Iman Kamis 18:30 WIB 19 Mekarsari
3 Al-Ikhlas Selasa 16:00 WIB 27 Cibereum
4 Al-Furqan Jumat 16:00 WIB 33 Cibereum
5 Al-Falah Senin 18:30 WIB 01 Wanayasa

Kegiatan pengajian ini berupa ceramah oleh Ustadz atau Ustadzah setempat. Kemudian sebelum dan sesudah ceramah dilakukan solat berjamaah Maghrib dan Isya seperti di Masjid Nurul Huda. Kami pernah mengikuti beberapa kegiatan pengajian yang ada di dusun Wanayasa salah satu yang pernah kami ikuti pengajiannya di masjid Al-Falah dan Nurul Huda.

Adapun kegiatan yang pernah kita lakukan selain mengikuti pengajian, kami pun mencoba untuk mengajar di sekolah agama setiap sore hari sampai ba’da isya (pukul 16.00-17.00). Metode penyampaian yang kami lakukan di dalam mengajar di sekolah agama ini lebih condong memakai ceramah, sharing, dan keterampilan.

Kami mengajar pada hari Selasa dan Kamis. Dikarenakan pada hari tersebutlah pihak kepala sekolah agama memberikan ijin kepada kami untuk mengajar di sekolah agama Al-Falah, berikut ini tabel mengajar kami di sekolah agama :

No. Kegiatan Hari, tanggal dan waktu
1. Belajar Bahasa Arab, Belajar Mengaji dan Hapalan Al-Qur’an (Hifdzon). Selasa, 17 Januari 2017, Pukul 16.00-19.00 Wib.
2. Belajar Mengaji dan Membuat Kaligrafi. Kamis, 19 Januari 2017, Pukul 16.00-19.00 Wib.
3. Menjelaskan Kisah Teladan mengenai Semut dan Merpati Senin, 24 Januari 2017, Pukul 16.00-19.00 Wib.
4. Menjelaskan kisah teladan mengenai kisah Rasulullah sekaligus penutupan. Kamis, 26 Januari 2017, Pukul 16.00-19.00 Wib.

Adapun untuk sarana ibadah yang menjadi mayoritas adalah umat Muslim dimana di Desa Cibadak terdapat sekitar 12 masjid dan 25 Mushola, dikarenakan di desa cibadak tidak ada sarana dan prasarana mengenai gereja, kuil, wihara, pura dan klenteng. Kemudian terdapat pula instansi pendidikan untuk menopang program belajar-mengajar di sekolah agama yang salah satunya instansi tersebut yaitu Al-Falah. Masjid yang terbesar adalah yang berada dekat dengan balai desa dengan jarak sekitar 12 meter dari balai desa tepatnya di dusun Mekarsari. Masjid-masjid ini terletak di setiap RW di tiga dusun sehingga dapat diakses dengan mudah.