Rapat Kelompok Tani

Kelompok tani merupakan  salah satu organisasi yang dikhususkan untuk warga desa pemilik atau pengolah lahan garapan. Tujuan dari adanya kelompok tani adalah sebagai wadah para petani untuk saling bertukar informasi mulai dari awal tanam hingga masa panen baik dari sisi pengolahan tanah, sistem budidaya, hama penyakit tanaman hingga pengolahan panen dan pasca panen.

Pembentukan kelompok tani di Desa Cikeusi dibagi berdasarkan hamparan lahan garapan yang dimiliki atau berdasarkan lokasi tempat tinggal penggarap lahan. Di desa cikeusi sendiri terdapat 2 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Sawargi dan Kelompok Tani Bumi Asri. Selain terdapat kelmpok tani, di Desa Cikeusi ini juga terdapat Kelompok Wanita Tani (KWT) dimana kegiatannya meliputi pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam tanaman selain pangan misalnya tanaman cabai, bawang, tomat dsb.

Kelompok Tani Sawargi merupakan salah satu contoh kelompok tani yang selalu mengadakan kegiatan rapat rutinan yang dilaksanakan satu bulan sekali setiap tanggal 21, dimana rapat rutinan ini sangat membantu petani untuk mendapatkan solusi dari masalah yang paling utama yaitu hama dan penyakit tanaman. Rapat ini berjalan sangat lancar dan didukung dengan antusiasnya anggota untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan temuan petani dilapangan.

Pada rapat kali ini dibahas mengenai perencanaan program baru mengenai pembuatan lumbung  padi dimana  setiap anggota  wajib memiliki simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan biasa. Simpanannya berupa beras ataupun bisa dengan uang seharga beras saat itu. Untuk simpanan pokok sendiri merupakan simpanan yang  dibayarkan pada awal menjadi anggota  dan hanya dapat diambil ketika anggota akan keluar dari kelompok tani. Simpanan pokok berupa beras telah ditetapkan dan disepakati sebesar 20kg beras. Simpanan wajib merupakan simpanan yang rutin disetorkan dari setiap kali hasil panen dengan berat 10 kg beras, sedangkan untuk simpanan biasa merupakan simpanan yang disimpan oleh anggota boleh kapan saja dan tidak terbatas jumlah beras yang disetorkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 22 = 31

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>