Desa Citalang The next potential village in the West Java

Potensi Desa Citalang

Kalo ngomongin potensi identik banget sama yang namanya kemampuan. Kemampuan dinilai sebagai sesuatu yang dianggap memberikan nilai jual kepada orang lain. Seperti yang kita ketahui, kemampuan masing-masing orang berbeda-beda. Begitu juga dengan daerah-daerah di seluruh Indonesia. Masing-masing daerah tentu saja memiliki potensi yang patut dibanggakan oleh warga dari masing-masing daerah tersebut.

Desa Citalang tentunya juga gak mau kalah dong dengan desa lain kalo ngebahas potensi. Disini kita mau ngebagi potensi untuk Desa Citalang ke dalam tiga aspek, diantaranya potensi alam, potensi manusia, dan potensi sarana dan prasarana.

Untuk potensi alam, Desa Citalang memiliki banyak kebun bambu yang bambunya tentu saja dapat dimanfaatkan sebagai lahan usaha seperti kerajinan tangan dan bahan bangunan rumah. Hal ini, baik secara langsung maupun tidak, memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar seperti keuntungan finansial dan keuntungan sosial. Potensi alam lainnya adalah beberapa dusun di Desa Citalang memiliki tanah yang cukup berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku industri pembuatan genting. Hal ini turut menjadi salah satu penyebab utama banyaknya pabrik genting di daerah ini. Potensi alam yang ketiga adalah adanya lahan perkebunan yang dimanfaatkan untuk menanam jagung, albasia, dan kacang-kacangan.

Gak kalah dengan potensi alamnya, warga-warga yang tinggal di daerah tersebut juga memiliki potensi seperti banyaknya masyarakat yang memiliki ketrampilan dalam membuat genting. Tentu saja hal ini turut menjadi penyeimbang keberhasilan berdirinya pabrik genting, selain bahan baku yang tersedia dari alam. Potensi manusia lainnya adalah banyaknya masyarakat yang memiliki ketrampilan dalam bercocok tanam dan berkebun. Wah gak sia-sia dong yah punya potensi alam yang diseimbangkan dengan potensi sosialnya :”)

Untuk potensi sarana dan prasarana, Desa Citalang memiliki kantor desa, 2 buah sekolah dasar, 5 buah mesjid, 16 buah surau, dan 6 buah pesantren. Selain itu,  Desa Citalang juga berencana untuk mendirikan stadion sepak bola dan arena pacuan kuda loooh! Wah rencana yang brilian Pak Kades! Ayo lanjutkan! He-he-he

DSC03557