Desa Citalang The next potential village in the West Java

Kesehatan

Halo teman-teman! Gimana kabar kalian? Semoga sehat-sehat aja yah. Wah ngomong-ngomong sehat, disini kita bakalan ngebahas soal aspek kesehatan dari Desa Citalang. Disimak yaah!

Jika kalian sedang berkunjung atau tinggal di Desa Citalang, gak usah khawatir untuk keberadaan lembaga kesehatannya. Desa Citalang memiliki beberapa lembaga kesehatan seperti:

  • Posyandu
  • Balai Pengobatan
  • Praktik Dokter Umum
  • Rumah Bersalin (Paraji)

Oh iya for your information, untuk jumlah posyandu disini ada 6 buah. Berikut adalah daftar nama posyandunya:

Berbagai kegiatan dilakukan oleh posyandu di Desa Citalang seperti melakukan penimbangan untuk balita setiap satu bulan sekali. Selain itu, posyandu juga melakukan imunisasi pada balita yaitu imunisasi polio, hepatitis B, TT dan DPT.

Untuk kesehatan lingkungan, seperti halnya kebanyakan masyarakat pedesaan pada umumnya, sistem pengaturan kesehatan lingkungan masih bersifat sederhana dan tidak tersistem. Aspek kebersihan lingkungan tergantung kepada masing-masing pemilik rumah yang ada di Desa Citalang, sehingga sampah-sampah bekas biasanya dibersihkan atau dibakar sendiri. Adapun kandang ternak biasanya terletak di belakang atau samping rumah.