Desa Citalang The next potential village in the West Java

Pertanian dan Peternakan

Teman-teman pada tau dong kalo Indonesia disebut dengan negara agraris? Ya seperti yang teman-teman telah ketahui bahwa Negara Indonesia adalah negara agraris atau negara dengan penghasil padi dengan jumlah besar. Oleh sebab itu, gak heran untuk beberapa daerah terutama di pedesaan, sawah dan perkebunan menjadi pemandangan sehari-hati atau bahkan lahan untuk mencari nafkah.

Begitu juga dengan Desa Citalang. Desa Citalang juga memiliki beberapa jenis komoditas pertanian/perkebunan yang dapat dimanfaatkan, baik untuk dijual atau konsumsi pribadi seperti padi, kacang panjang, kacang tanah, bambu, dan jagung Pola tanaman yang dilakukan masyarakat Desa Citalang khususnya untuk komoditas padi adalah sawah tadah hujan.Hal ini berarti masyarakat desa hanya melakukan penanaman pada musim hujan. Ketika musim kemarau, masyarakat tidak menanam padi, melainkan palawija seperti kacang-kacangan dan jagung. Secara keseluruhan, nilai produksi di Desa Citalang dinilai cukup baik. Bambu yang merupakan ciri khas produksi dari desa ini (selain padi dan jagung) dapat digunakan untuk bahan bangunan yang dapat dijual dan dipakai untuk keperluan sehari-hari.

DSC03467

Peternakan Ayam

Manajemen pemeliharaan ternak yang dilakukan oleh masyarakat Desa Citalang ialah pengelolaan ternak secara pribadi, bukan pengelolaan ternak milik orang lain karena jumlah ternak yang dikelola tidak dalam jumlah besar. Budi daya ternak yang dilakukan oleh masyarakat Desa Citalang juga belum sama sekali menyentuh teknologi dan inovasi. Budi daya ternak masih menggunakan cara tradisional yang diajarkan oleh orang-orang pendahulu sebelumnya.Selain komoditas pertanian/perkebunan, ternyata Desa Citalang juga memiliki komoditas di bidang perternakan loh! Akan tetapi, masyarakat di Desa Citalang tidak memelihara ternak untuk usaha, melainkan hanya untuk kebutuhan-kebutuhan sendiri atau untuk konsumsi keluarga. Beberapa jenis hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat Desa Citalang, adalah ayam, kambing, domba, kerbau, sapi, dan bebek

Begitu lah teman-teman penjelasan mengenai komoditas pertanian dan peternakan di Desa Citalang. Dari paparan diatas dapat kita simpulkan bahwa komoditas pertanian lebih menonjol ketimbang komoditas peternakan. Walaupun begitu, pabrik genteng tetap menjadi komoditas utama Desa Citalang, baru setelahnya pertanian/perkebunan.