Aspek Kesehatan di Desa Jatipamor

Desa Jatipamor masih belum memiliki Posyandu yang tetap, namun terdapat Posyandu tidak tetap di Desa Jatipamor yang dilakukan secara rutin, bergiliran dari satu blok ke blok lainnya. Posyandu ditangani oleh seorang Bidan Desa dengan dibantu oleh 5 orang kader setiap bloknya. Biasanya, posyandu dilakukan di rumah salah satu warga. Fasilitas seperti timbangan badan (bayi dan dewasa), pengukur tensi, dan jarum suntik dimiliki oleh ibu bidan, namun secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki masih belum memadai.

Setiap pasien memiliki sebuah buku yang berisi catatan kesehatan dan sejumlah informasi mengenai kesehatan ibu dan anak yang akan diisi setiap melakukan kunjungan ke Posyandu. Aktifitas yang dilakukan dalam kegiatan posyandu yaitu mengecek kesehatan ibu dan balita melalui berat badan, pemberian vitamin dan imunisasi. Selain itu, bidan juga memberikan sejumlah saran kepada pasien setelah diperiksa.

Posyandu Blok Desa

Posyandu Blok Cilimus

Posyandu Blog Lampegan

Posyandu Blok Sunapulo

 

Secara keseluruhan, kesehatan di Desa Jatipamor sudah dapat dibilang cukup baik, namun penanganan terhadap suatu penyakit atau kecelakaan masih sangat rendah, karena tidak adanya Puskesmas di Desa Jatipamor dan Puskesmas hanya terdapat di Pusat Kecamatan Talaga.