KKNM-PPMD INTEGRATIF UNPAD 2017 Desa Karanganyar, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan

Mengajar di MD (Madrasah Diniyyah)

Pengabdian peserta KKNM dalam bidang pendidikan ialah mengajar, dimana implementasi program tersebut dilakukan di salah satu institusi pendidikan yang ada di Desa Karanganyar yaitu Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah merupakan institusi pendidikan non-formal dimana materinya terfokus pada pendalaman ilmu agama.

-Penyampaian materi oleh tim KKNM Universitas Padjadjaran 2017-

Kegiatan mengajar dilakukan pada beberapa tingkatan berbeda, dimana salah satu kegiatan rutin yang dijalani oleh peserta KKNM Universitas Padjadjaran 2017 adalah mengajar di Madrasah Diniyyah Nurul Ulum. Sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, kami mencoba untuk membagikan sedikit ilmu yang kami miliki kepada adik-adik siswa Madrasah Diniyyah Nurul Ulum Desa Karanganyar.

 

 

-Siswa-siswi madrasah sedang berkonsentrasi mendengarkan penyampaian materi-

Jadwal kegiatan mengajar di MD tersebut adalah senin s/d kamis setiap minggu yang berlangsung selama 3 minggu selama kurang lebih 2,5 jam tiap harinya. Materi yang disampaikan pun beragam. mulai dari tarikh, aqidah, akhlah, fiqih, al-qurán hingga Bahasa Arab. Materi-materi tersebut disampaikan pada 4 kelas berbeda.

 

-Senyum dan tawa oleh siswa/i madrasah bersama dengan tim KKNM Universitas Padjadjaran 2017-

Selama kegiatan mengajar, respon yang diberikan oleh para siswa/i sangatlah positif terhadap mahasiswa sehingga membuat kami para tim KKNM merasa senang dan bersemangat dalam kegiatan mengajar ini. Setelah 3 minggu proses mengajar yang kami lakukan, perpisahan pun tak terelakkan.

 

 

-Senyuman keceriaan siswa/i Madrasah bersama kakak kesayangan-

Perpisahan yang dilewati dengan penyampaian kesan dan pesan selama mengajar pun diiringi canda tawa serta tangis baik dari tim KKNM maupun siswa/i madrasah. Kami berharap apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat baik bagi diri kami sendiri maupun bagi semua pihak yang telah terlibat.