KKNM-PPMD INTEGRATIF UNPAD 2017 Desa Karanganyar, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan

Mengajar di SD

Salah satu Tri Dharma dari Perguruan Tinggi ialah Pengabdian kepada masyarakat, dan program atau mata kuliah KKNM ini adalah salah satu perwujudan dari pengabdian terhadap masyarakat tersebut. Selain terdapat program utama yang di rancang di Desa Karanganyar ini, kami juga memiliki program lainnya yang tujuannya agar dapat mengabdi di setiap bidang yang ada di desa. Salah satunya di bidang Pendidikkan.

 

Di Desa Karanganyar ini hanya terdapat satu Sekolah Dasar yaitu SDN 1 Karanganyar yang terletak di Dusun Pahing. Saat kami mengunjungi SD tersebut, ternyata sangat bertepatan dengan akan diadakannya lomba OSN dan Seni setingkat kecamatan Darma ini. Dan ternyata SD ini memiliki catatan prestasi lomba yang sangat mengaggumkan, piala juara umum tingkat kabupaten dan provinsi sellu di raih oleh mereka baik di bidang OSN(mata pelajaran) dan juga di bidang seni.

 

 

Akhirnya, kami mahasiswa KKNM periode ini memutuskan untuk mengajar di bidang seni, yaitu lomba Cipta Puisi,Berpidato,dan PAI. Awalnya kami masuk ke dalam kelas-kelas agar semua anak mendapatkan pengetahuan lebih tentang cabang lomba tersebut, agar semua anak bisa terpacau semangatnya untuk mengikuti lombanya.
Baru dihari berikutnya, kami langsung mengajar anak-anak yang memang sudah dipilih oleh sekolahan untuk mengikuti cabang lomba tersebut. Anak-anak sangat terlihat antusias, dan kami sebagai mahasiswa juga sangat kagum dengan bakat yang mereka telah miliki. Suara mereka sudah sangat bulat dan mereka sudah memiliki tingkat percaya diri yang sangat tinggi juga, sehingga memang sangat menyenangkan bisa mengajar mereka. Kami mengajar kurang lebih selama dua minggu untuk persiapan lomba tersebut, dan melihat kemajuan mereka di setiap harinya itu kami sangat yakin bahwa gelar juara akan pasti diraih kembali oleh anak-anak di SDN 1 Karanganyar ini. Semangat!.