KKNM-PPMD INTEGRATIF UNPAD 2017 Desa Karanganyar, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan

Pemerintah Desa Karanganyar Selenggarakan MUSRENBANG

Pemerintah Desa Karanganyar Selenggarakan MUSRENBANG

 Kata Musrenbang merupakan singkatan dari Musyawarah Rencana Pembangunan, Musyawarah berasal dari bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi untuk memecahkan masalah konflik dan juga problem masyarakat.Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diskusi di masyarakat/kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah. Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang dilaksanakan  selama bulan januari.

Bertepatan dengan kegiatan KKNM-PPMD Integratif yang dilaksanakan Unpad pada bulan Januari-Februari, maka kegiatan Musrenbang di desa Karanganyar yang dilaksanakan pada tanggal 17 januari 2017,  acara tersebut dihadiri oleh Camat Kecamatan Darma, Kepala Desa Karanganyar, jajaran perangkat Desa Karanganyar, serta mengundang seluruh masyarakat Desa Karanganyar sebagai partisipan dan mahasiswa KKNM Universitas Padjadjaran untuk sebagai pengawas jalannya musyawarah.

 

Suasana MUSRENBANG di Desa Karanganyar

 

Musyawarah rencana pembangungunan desa diselenggarakan dengan harapan terbentuknya rancangan pembangunan desa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa dan disetujui seluruh peserta musyawarah rencana pembangunan.

 

Proses kegiatan Musrenbang dilaksanakan dengan mekanisme dimana perangkat desa memberikan ruang partisipatif kepada masyarakat desa untuk ikut mengutarakan pendapat dan mengajukan program rencana pembangunan desa berdasarkan kebutuhan dari tiap kelompok ataupun individu, dalam Musrenbang Desa Karanganyar masyarakat dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tema musyawarah tertentu yaitu pemerintahan , ekonomi, dan pembangunan. Musyawarah kelompok dipimpin oleh perwakilan perangkat desa yang juga bertugas sebagai notulen musyawarah kelompok, setelah didapatkan keputusan rencana pembangungan desa dari setiap kelompok, keputusan dibacakan di akhir musyawarah oleh perwakilan perangkat desa dari setiap kelompok. Kegiatan Musrenbang kali ini berjalan lancar dan menghasilkan rancangan kegiatan yang disetujui seluruh peserta musyawarah.