Desa Kertaharja, Cijeungjing, Ciamis

Mahayunan Ayuna Kadatuan

By

Kegiatan TPA Desa Kertaharja

TPA

   Desa Kertaharja tersohor sebagai desa yang agamis, sehingga TPA/ TPQ yang terdapat di desa ini pun lumayan banyak. Salah satunya terdapat di Dusun Desa yang tepatnya terletak di salah satu masjid di Dusun Desa. TPA tersebut melaksanakan pembelajaran pada siang hari sekitar pukul 13.00 siang hingga pukul 15.00 siang. Kemudian pada tahap kedua pengajian dilaksanakan pada malam hari setelah shalat magrib dan isya. Pengajian siang hari dilaksanakan untuk anak-anak PAUD hingga SD yang mengaji dari Iqro dan Al-Quran, setelah tamat Al-Quran para siswa siswi TPA dapat mengaji kitab sapinah atau yang dikenal di desa ini dengan nama kitab kuning. Pengajian setelah maghrib dan isya adalah yang khusus untuk anak-anak SMA atau Madrasah Aliyah, dan siswa siswi TPA tersebut mengaji Al-Quran dan Kitab Sapinah, selain itu untuk pengajian tahap kedua ini dikhususkan mengaji kitab. Setelah kitab sapinah kemudian kitab nahwu dan kitab sharaf.

    Di TPA/ TPQ tersebut hanya terdapat satu guru mengaji, yang biasa dipanggil dengan ibu Ummi oleh anak-anak dan warga sekitar. Banyak sekali pengajian yang terdapat di desa Kertaharja, TPA ini juga menjadi salah satu pengajian yang rutin dilaksanakan oleh anak-anak di TPA yang ada di setiap dusun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>