Desa Kertaharja, Cijeungjing, Ciamis

Mahayunan Ayuna Kadatuan

Industri Kreatif

    Desa Kertaharja memiliki beberapa potensi industri kreatif mulai dari pengrajin produk barang maupun pengrajin produk makanan ringan. Saat ini usaha kecil menengah (UMKM) warga desa sedang dalam tahap perkembangan, diyakini UKM akan menjadi sumber pendapatan utama masyarakat desa pada masa yang akan datang jika ditekuni dengan serius dan fokus. Berikut beberapa industri kreatif yang ada di Desa Kertaharja Ciamis :

1. Pabrik Aci Kaung

    Pabrik Aci Kaung merupakan pabrik pembuatan tepung aci yang merupakan bahan baku pembuatan bihun dan kue. Pabrik Aci Kaung semua terletak di Dusun Sarayuda dengan total pabrik 18 buah. Kepemilikan serta tenaga kerja pabrik merupakan warga Desa Kertaharja. Pabrik ini menjadi industri kreatif yang paling utama dan menonjol di Desa Kertaharja, karena volume produksi besar, lingkup pemasaran sudah luas pada umumnya hingga jumlah penyerapan tenaga kerja merupakan yang paling menjadi asalan pabrik ini menjadi UMKM utama di Desa Kertaharja.

Kaung

2. Pengrajin Anyaman Bilik Bambu

Anyaman Bilik   Mayoritas rumah penduduk Desa Kertaharja mempunyai atap dan dinding yang terbuat dari anyaman bilik bambu. Oleh karena itu anyaman bilik bambu masih cukup diminati oleh masyarakat desa terutama. Produsen bilik bambu pada umumnya terletak di Dusun Cilemor.

3. Pengrajin Sangkar Burung

  Sangkar Burung  Pengrajin sangkar burung terletak di Dusun Desa Cibangkonol. Bahan dasar yang digunakan yaitu bambu yang diambil dari lingkungan sekitar Desa Kertaharja. Proses pembuatan sangkar burung dilakukan tidak pada satu tempat, artinya proses produksi terbagai di beberapa tempat ( rumah penduduk ).

4. Pengrajin Souvenir Berbahan Dasar Bambu

 aNGKLUNG   Pengusaha Souvenir telah membuka usahanya sejak tahun 1999. Produsen mempunyai karyawan sebanyak 6 orang untuk menghasilkan produk. Pemasaran produk sudah mencapai Jakarta, Tasik, Bandung dan Ciamis Kota. Hasil produk dapat berupa souvenir angklung, kujang, alat musik gambang, bel angin. Produk ditawarkan mulai dari harga Rp 15.000 - Rp 40.000 tergantung pada jenis produk atau besar kecil produk tersebut. Pengrajin souvenir bambu berada di Dusun Desa.

5. Pengrajin Makanan : Nasi Liwet Instant "Pandanwangi"

   Nasi Liwet Pandawangi merupakan nasi liwet instan yang di packing dengan kemasan istimewa. 1 kemasan nasi liwet berukuran 250gr cukup untuk 3-4 orang. Bahan baku nasi liwet juga diambil dari beras pandan wangi Cianjur. Produsen Nasi Liwet terletak di Dusun Desa.Nasi Liwet

6. Pengrajin Makanan : Krupstick "Citra Rasa"

  Krupstik merupakan camilan yang terbuat dari bahan baku utama tepung tapioka dan ikan ataupun udang. Proses pembuatan pada awalnya yakni pembuatan adonan yang merupakan campuran bahan baku, kemudian dicetak dalam satu wadah persegi panjang. Adonan yang telah dicetak kemudian dijemur hingga kering, setelah kering adonan dipotong panjang dan digoreng kemudian packing. Produk ini dapat dijumpai di toko oleh-oleh ciamis. Produsen terletak di Dusun Desa.

Stick

7. Pengrajin Makanan : Sale Pisang

Pisang Sale   Makanan enak tidak selalu mengandung bahan pemanis buatan, terbukti Sale Pisang dari Dusun Desakolot ini tidak menggunakan bahan pemanis buatan. Rasa manis sale pisang berasal dari rasa pisang itu sendiri. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang ambon pilihan. Proses pembuatan produk dimulai dari pengupasan kulit, penjemuran, di-presspengasapan kemudian di kemas. Produsen sale pisang terletak di Dusun Desakolot.

 

8. Pengrajin Makanan : Renggining

    RengginangMakanan kecil tradisional ini dibuat dengan cara yang masih tradisional. Bahan utama renggining adalah tepung aci dan terasi. Proses pembuatan sama seperti Krupstick yaitu pembuatan adonan terlebih dahulu, dicetak lalu dikukus dan setelah itu dijemur. Penggorengan menjadi tahap akhir pembuatan produk. Produsen terletak di Dusun Desakolot

9. Pengrajin Mebel

Mebel

    Pengrajin Mebel Desa Kertaharja terletak di Dusun Desa. Produk yang dihasilkan pada umumnya berupa rak, lemari, pintu, bangku dan produk lainnya.

Contact Person : Otong Dadi 082320147273

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>