"Blog Desa Sadewata" Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Sejarah Desa

Desa Sadewata mulanya termasuk bagian dari Desa Panawangan, namun banyaknya jumlah dusun di Panawangan menyebabkan Sadewata di mekarkan hingga menjadi desa. Desa Sadewata termasuk kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Desa ini memiliki lima dusun yaitu dusun Ciledug, dusun Desa, dusun Babakan, dusun Ciheleut, dan dusun Kareo.

IMG_20150819_103050

Mulanya Desa Sadewata merupakan area perkebunan cengkeh, hanya sedikit penduduk yang menetap di Desa ini. Petani cengkeh memperoleh permintaan dan keuntungan tinggi karena pada saat itu cengkeh diminati banyak orang. Namun semenjak krisis moneter harga cengkeh turun drastis, permintaan terhadap cengkeh pun menurun. Hal ini membuat petani cengkeh lebih memilih menjual kebunnya dan membangun rumah. Inilah yang menjadi awal terbentuknya permukiman. Masyarakat yang memiliki kebun cengkeh membangun banyak rumah yang kemudian menjadi milik anak nya sendiri.  Banyak rumah-rumah yang berdiri dan menjadi pemukiman penduduk. Selain perkebunan cengkeh terdapat pula kolam-kolam ikan, sawah, dan sedikit perkebunan sayur dan singkong.

IMG_20150820_170428

Pada tahun 1983 listrik mulai masuk di Desa Sadewata, kemudian di ikuti masuknya teknologi seperti parabola pada tahun 1985. Desa Sadewata berada di kawasan yang relatif aman dari bencana alam, selama Desa Sadewata berdiri tidak ada bencana alam yang sampai memakan korban.