Proses Pembuatan Ulen Bersama Bu Tatang

Bu Tatang ialah sosok guru sekolah dasar di Desa Sukasari yang telah mengabdi puluhan tahun. Hobi beliau dalam membuat makanan boleh diperhitungkan. Kami tinggal di rumah ibu dan tak jarang ibu memasak makanan untuk kami. Kali ini ia mengolah ketan menjadi makanan tradisional yang terkenal di dataran Sunda dengan nama "ulen".

Beberapa mahasiswa KKNM turut serta membuat ulen bersama Ibu Tatang. Pada malam sebelumnya, ketan putih sudah direndam air biasa oleh ibu. Siang ini kami ikut dalam proses membuat ulen, mau tahu bagaimana? Gampang kok, bahannya hanya butuh ketan putih, kelapa parut, air, dan tepung beras saja. Gini nih, caranya:

  1. Siapkan panci untuk mengukus, jangan lupa siapkan juga kain saringan
  2. Masukan kain saringan, lalu ketan yang sudah direndam selama satu malam ke dalam panci, tambahkan air hingga melebihi batas ketan.
  3. Tutup ketan dan air dengan kain saringan. Kukus ketan hingga setengah matang. Sambil mengukus, siapkan kelapa parut secukupnya.
  4. Setelah ketan menjadi setengah matang, kecilkan api lalu buka kain penyaring dan tambahkan kelapa parut, aduk hingga merata dengan ketan. Kemudian tutup lagi ketan yang sudah dicampur kelapa parut dengan kain penyaring. Besarkan api kembali.
  5. Kukus ketan dan kelapa hingga matang. Hasil kukusan menjadi adonan ulen yang siap diolah kembali.
  6. Siapkan tampah yang dilumuri dengan tepung beras. Hamparkan adonan ulen pada tampah. Tumbuk hingga kalis, pipih, dan siap dibentuk (alat penumbuk yang kami gunakan berasal dari batang daun pisang, tapi bisa diganti dengan alat penumbuk lain kok).
  7. Setelah selesai ditumbuk, lumuri adonan ulen dengan tepung beras agar tidak lengket saat dipotong.
  8. Potong adonan ulen membentuk belah ketupat, lalu lumuri bagian yang belum terkena tepung beras. Adonan harus betul-betul terselimuti tepung agar saat digoreng tidak menempel pada kuali.
  9. Adonan ulen siap digoreng. Siapkan kuali dan minyak secukupnya. Pastikan ulen terendam minyak saat digoreng. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  10. Angkat ulen dan tiriskan. Sajikan ulen dengan saus tambahan sesuai selera.

Nah, gimana? Gampang, kan? Kami belajar dari Bu Tatang, bukan hanya cara membuat ulen saja, tetapi juga cara sederhana beliau untuk menyenangkan hati orang lain. Kami semakin sadar, ketulusan itu tidak butuh banyak bicara, seperti ibu yang hampir selalu menyiapkan kami makanan dengan tiba-tiba, diam-diam. Kami suka segala makanan buatan Bu Tatang, terima kasih Ibuuuu....

Well, untuk membuat ulen, mungkin Kamu bisa coba sendiri di rumah dan kreasikan dengan bebas. Selamat mencoba!!

 

Berikut beberapa foto-fotonya:

20150816_113627 20150816_114409 20150816_115504 20150816_115459