Semangat Jumsih di Goa Donan

Photo by Argianto Fendy Fadia

Kegiatan KKNM Unpad 2017 salah satunya adalah Jumat Bersih atau biasa disebut Jumsih oleh warga Tunggilis, Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pagi hari di salah satu tempat wisata desa Tunggilis yaitu Goa Donan, kami dan seluruh warga desa Tunggilis bahu membahu membersihkan Goa Donan dari sampah yang berserakan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua Karang Taruna desa Tunggilis yang diketuai oleh Pak Toto yang berperawakan bersahaja dengan kumis yang berkarisma, tak lupa juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran.

photo by Argianto Fendy Fadia

Pagi itu, walaupun terik matahari sangat panas kami tetap antusias dan semangat membersihkan Goa Donan sebagai salah satu bentuk partisipasi kami sebagai bagian dari masyarakat desa Tunggilis. Kegiatan kami dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB sebelum melaksanakan sholat Jumat berjamaah di masjid desa Tunggilis. Salah seorang warga mengatakan Jumat Bersih, rutin dilakukan seminggu sekali, apalagi Jumsih saat itu dilakukan demi persiapan pembukaan kembali Goa Donan setelah beberapa bulan ke belakang sempat tutup karena bencana alam, pembersihan pun dilakukan lebih intensif guna mempersiapkan pembukaan tersebut.

Photo by Tasya Yolanda

Pak Toto berkata kegiatan ini dilakukan secara sukarela, namun kenyataanya banyak warga yang bahkan membantu baik moril maupun materil. Sehingga menambah semangat warga untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Jumsih di Goa Donan, bahkan ibu – ibu sengaja memasak nasi liwet di Goa Donan untuk sarapan warga yang ikut membantu kegiatan tersebut. . Ketika kami sedang menyapu, tiba – tiba Pak Toto berkata “Dek, yuk sini ngeliwet dek”, kordes Tunggilis pun menjawab “Mangga Pak makasih, kami mau jumatan dulu”. Kegiatan Jumsih berakhir sebelum sholat Jumat.

Kami sebagai mahasiswa KKNM Unpad melihat gotong royong tersebut sebagai hal langka yang tak terlihat di daerah perkotaan. Kami melihat hal ini bisa menjadi contoh untuk daerah lain terutama daerah perkotaan agar mereka semakin sadar akan kebersihan.

Penulis: M. Ali Hakim & Hilmi Luthfiansyah