Infrastruktur Fisik Menjadi Prioritas Desa Tunggilis

Photo by: Ujang Suandi Abdul Latip

Setiap desa tentunya memiliki kebutuhan-kebutuhan guna mencapai pembangunan desa yang direncanakan oleh kepala desanya, begitu pula Desa Tunggilis yang memiliki berbagai kebutuhan yang tentunya akan berdampak positif bagi pembangunan desa ini. Kebutuhan desa ini akan direncanakan dan dipertimbangkan pada tingkat terendah yakni RT. Setiap RT akan memberikan laporan mengenai kebutuhan apa yang diperlukan pada tingkat RT dan dibahas di tingkat RW. Alur tersebut akan terus berlangsung hingga dipertimbangkan pada tingkat kabupaten.

Photo by: Gilang Putra Bahana

Tempo hari pada Rabu tanggal 18 Januari 2017, Kepala Desa Tunggilis berserta jajaran menyelenggarakan MUSRENBANG (Musyawarah Rencana Kegiatan Pembangunan) anggaran 2018 tingkat desa. Kegitan yang turut dihadiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangandaran selaku pihak legislaitf, Kepala Kecamatan Kalipucang, Kepala Desa Tunggilis, Kepala-kepala dusun yang ada di Desa Tunggilis, masyarakat Desa Tunggilis, serta mengundang Mahasiswa KKNM Unpad Desa Tunggilis ini berlangsung di Balai Desa Tunggilis dan dimulai pada pukul 8.30 hingga 12.20.

MUSRENBANG Desa Tunggilis dimulai dengan pembukaan MC, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan tamu undangan, hingga akhirnya masuk pada acara inti yakni laporan penyampaian kebutuhan desa yang di sampaikan oleh kepala-kepala dusun Desa Tunggilis. Kebutuhan-kebutuhan desa yang disampaikan merupakan semua kebutuhan yang sudah dipertimbangkan baik fungsi dan prioritasnya di setiap RT, RW, dan Dusun Desa Tunggilis. Pada musyarawah tingkat desa ini Mahasiswa KKNM tidak memiliki peran yang signifikan, kami datang sebagai tamu dan mengamati kebutuhan apa saja yang sebenarnya menjadi prioritas pembangunan di Desa Tunggilis.

Setelah mengamati laporan yang disampaikan, akhirnya kami mengetahui prioritas pembanguan Desa Tunggilis. Kebutuhan yang diajukan oleh kepala-kepala dusun tidak jauh berbeda satu sama lain, mereka menekankan pembangunan-pembangunan yang sifatnya berupa infrastruktur fisik. Pengaspalan jalan dan penerangan jalan umum merupakan hal yang sangat di prioritaskan Desa Tunggilis sebagai sarana fasilitas masyarakat yang utama serta menjaga keselamatan masyarakat saat melakukan aktivitasnya. Selain itu, Desa Tunggilis juga meminta untuk adanya pembuatan tanggul guna mencegah dan mengatasi bencana banjir yang kerap terjadi di desa ini. Ternyata ada satu hal yang menarik diantara permintaan setiap dusun, Dusun Cintamaju meminta adanya pembangunan madrasah guna menunjang pendidikan agama di dusun tersebut.

Akhirnya setelah semua laporan disampaikan, acara berakhir dengan semua kebutuhan yang diajukan diterima. Namun tetap mempertimbangkan kebutuhan yang menjadi prioritas desa. Kami pun kembali ke rumah untuk makan siang dan mempersiapkan kegaiatan rutin selanjutnya.

Penulis: Muhammad Yuka Afryantono