Kekayaan Alam Tunggilis

Di desa Tunggilis, sumber penghasilan utama warga desa adalah dari bidang pertanian. Secara umum, menjadi seorang petani dan penggarap sawah adalah profesi warga desa Tunggilis. Profesi sebagai penyadap juga sangat diminati oleh warga desa Tunggilis yang nantinya diolah menjadi gula kelapa.

photo by Argianto Fendy Fadia
photo by Argianto Fendy Fadia

Seperti di dusun Cintamaju, kayu alba mserupakan sumber utama pendapatan warga dusun. Kayu alba biasanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rumah dan properti. Selain kayu alba, karet juga ditanam untuk menambahkan sumber pendapatan bagi warga yang bertani. Kelapa juga disadap untuk diambil gulanya sehingga bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi gula semut. Di dusun ini juga terdapat sawah, namun padi yang dihasilkan tetap tidak mencukupi untuk seluruh warga dusun dan beras akhirnya tetap dibeli dari toko-toko. Terdapat juga potensi wisata di dusun ini seperti Gua Donan, Curug Cipisan, dan Kali Legok, sehingga warga dusun dapat memperoleh penghasilan tambahan dari pariwisata.

photo by Argianto Fendy Fadia

Untuk dusun Kedungpalungpung, penduduk dusun kebanyakannya menjadi pekerja industri rumah tangga dan membuka usaha sendiri. Sektor pertanian cukup diminati, namun masih lebih sedikit dibandingkan dengan membuka industri rumahan. Dalam sektor jasa, terdapat segelintir penduduk dusun yang pendapatan ekonominya melalui pekerjaan ini. Terdapat juga nelayan didalam dusun Kedungpalungpung.

Penduduk di Cimentek merupakan dusun kedua terbanyak yang pendapatan ekonominya melalui pertanian. Oleh karena itu, terdapat banyak penyadap kelapa yang menanam pohon kelapa di dusun tersebut dan mengambil hasil pohon, aren, untuk dibuat gula merah dan gula semut. Sekitar 90% penduduk dusun berprofesi sebagai penyadap dan 10% lainnya pengangguran.

photo by Argianto Fendy Fadia

Sirungwatang merupakan dusun dengan kegiatan agrobisnis kedua tertinggi di desa Tunggilis, meliputi sektor pertanian, kehutanan dan perkebunan. Komoditas utama dari dusun ini adalah beras, sawo, dan kelapa. Manfaat dari pohon kelapa adalah buahnya dan juga aren bisa diolah menjadi gula merah. Selain itu, sawo dapat dijual dan juga diolah menjadi bahan olahan baru sehingga dapat menambahkan pendapatan warga dusun.

Perdagangan dan jasa merupakan industri utama di dusun Sukamaju. Guru, petani, dan buruh tani merupakan mata pencaharian yang utama pada dusun ini. Terdapat dua golongan buruh di dusun ini, yaitu buruh tani dan buruh pabrik.

Jadi, umumnya warga desa Tunggilis berprofesi sebagai petani dan penyadap kelapa. Komoditas utama dari desa ini adalah kayu alba, sawo, dan kelapa yang dapat dimanfaatkan menjadi barang olahan yang bernilai lebih ekonomis.

Penulis: Nur syahirah bt Rosli