Dusun Sukamaju

Dusun Sukamaju merupakan salah satu Dusun di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran . Dusun yang dikepalai oleh Bapak Syarif Hidayat ini terdiri dari 2 RW dan 8 RT. Dusun Sukamaju berbatasan dengan beberapa Dusun lainnya, diantaranya Dusun Cintamaju di sebelah Barat, Dusun Kedungpalungpung dan Dusun Ciganjeng di sebelah Utara, Provinsi Jawa Tengah di sebelah Timur, dan dari sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Banjarharja.

Berdasarkan data yang kami dapatkan, jumlah penduduk di Dusun Sukamaju terhitung padat jika dibandingkan dengan Dusun Cimentek dan Dusun Sirungwatang, yaitu berjumlah 1.108 dengan rincian penduduk laki-laki sebanyak 671 jiwa , penduduk perempuan sebanyak  584 jiwa dengan rentang umur 0-25 tahun sebanyak 341jiwa, 25-65 tahun sebanyak 486 dan >65 sebanyak 340. Jumlah  Kepala Keluarga di Dusun Sukamaju berjumlah 362.

Penduduk Dusun Sukamaju berdasarkan tingkat pendidikannya sebanyak 8 orang telah mennyelesaikan program studi sarjananya, dan sebanyak 73 orang  telah berhasil menyelesaikan program studinya di bangku SMA, dan sebagian kecil lainnya yaitu sebanyak 20 orang tidak mengenyam pendidikan. Adapun sekolah yang ada di Dusun Sukamaju diantaranya adalah MTS al Fatah dan MAN Al-fatah yang sedang dalam tahap pembangunan.

Dusun Sukamaju memiliki usia produktif lebih banyak dari jumlah masyarakat berusia kanak-kanak ataupun lansia, oleh karena itu masyarakat Dusun Sukamaju masih aktif melakukan kegiatan mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keseharian mereka. Adapun mata pencaharian di Dusun Sukamaju kebanyakan adalah bekerja sebagai petani, yaitu sebanyak 351 jiwa yang menggeluti pekerjaan ini.  Untuk warga lainnya bekerja sebagai pedagang sebanyak 25 jiwa dan PNS sebanyak 9 orang.

Dusun Sukamaju termasuk masyarakat yang majemuk dan memiliki keragaman dari tingkat ekonomi, pendidikan , dan keikutsertaan dalam bidang politik.  Oleh karena itu Dusun Sukamaju saling bahu membahu dalam pembangunan desa .

Desa Tunggilis, Khususnya di Dusun Sukamaju mayoritas adalah beragama islam. Masyarakat Dusun Sukamaju termasuk masyarakat yang religius dilihat dari kegiatan masyarakat yang kerap mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian di masjid baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Tidak hanya masyarakat dan keluarga masyarakat yang turut andil dalam mempertahankan suasana religius di Dusun Sukamaju, akan tetapi sekolah juga ikut andil dalam menanamkan suasana keagamaan dan membangun religiusitas dalam jiwa anak-anak. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan sekolah khusunya MTS al-Fatah yang kerap melaksanakan sholat dhuha berjama’ah di masjid sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dan kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi MTS Al-Fatah dengan baik.

Dalam hal penggunaan bahasa keseharian di Dusun Sukamaju, mayoritas masyarakat berbicara dengan menggunakan bahasa Sunda, dan sebagian kecil menggunakan bahasa Jawa.

Suber daya ekonomi yang ada di Dusun Sukamaju meliputi sektor industri rumah tangga, agrobisnis, perdagangan, dan jasa. Dari sektor – sektor tersebut sektor perdagangan adalah sektor yang paling banyak digeluti oleh masyarakat Dusun Sukamaju, yaitu sebanyak 523 orang diikuti oleh sektor agrobisnis sebanyak 454 orang, lalu sektor jasa sebanyak 23 orang, dan terakhir sektor industry rumah tangga  sebanyak 22 orang.

Dusun Sukamaju memiliki beberapa potensi sumber daya alam yang terdiri dari bahan galian, yaitu  pasir, dan hasil bumi yaitu padi, kelapa, dan pisang. Adapun lahan budidaya di Dusun Suka maju dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan produktif seperti kegiatan sosial, ekonomi dan budaya. Dan jenis penggunaanya di Dusun Sukamaju dibagi menjadi enam bagian, yang terdiri dari sawah (118,804 Ha), kebun (29 Ha), pemukiman (19,345 Ha), fasilitas sosial (0,023 Ha), Fasilitas Umum (0,6665 Ha), dan terakhir digunakan untuk lahan bisnis yaitu sebesar 0,4915 Ha.

Untuk tingkat aksesibilitas yang terdapat di Dusun Sukamaju termasuk sepi-sedang. Jalan sepanjang 8750 meter dan lebar 2.4 meter ini berfungsi sebagai akses dari dusun menuju ke tengah desa dengan jenis perkerasan rabat  beton.

Saluran drainase di Dusun Sukamaju adalah saluran terpendek diantara dusun lainnya, yaitu hanya sepanjang 4650 m dengan lebar 2-12 m. saluran yang terbuat dari tanah dan beton ini berfungsi untuk mengalirkan air hujan agar kawasan tersebut tidak tergenang oleh air hujan. selain itu saluran drainase ini juga berfungsi untuk mengalirkan aliran air hujan pada permukaan jalan agar jalan tidak mudah rusak. Kelas drainase pada Dusun Sukamaju termasuk jenis kelas Sekunder-Primer. Untuk air bersih, masyarakat Dusun Sukamaju mendapatkan air bersih dari sumur bor dan sumur tradisional. Sebanyak 251 orang menggunakan sumur bor, dan 45  orang menggunakan sumur tradisional.

Kondisi jaringan sampah di Dusun Sukamaju masih sangat sederhana yaitu hanya berbentuk tempat penampungan sampah ang dimusnahkan dengan cara pembakaran atau penimbunan. Adapun cara yang paling ekstrem yaitu pembuangan sampah secara langsung ke sungai. Persampahan tampaknya belum mendapatkan perhatian yang cukup baik dari masyarakat Dusun Sukamaju seperti di RT 01 sampai RT 06 dan RW 10 sampai RW 11 terjadi pendangkalan di bantaran dan dasar sungai dengan lingkup pelayanan 20 KK. Sedangkan di Dusun Sukamaju RT 06 dan RW 11 terdapat banyak lalat dan nyamuk serta penumpukan sampah di tempat sampah kebun dengan lingkup pelayanan 15 KK.

Jaringan air limbah di Dusun Sukamaju masih kurang baik. Hal ini berpengaruh terhadap sanitasi lingkungannya. Kurangnya kesadaran dan fasilitas pendukung menjadi salah satu faktor kurangnya sanitasi lingkungan tersebut. Masyarakat masih baanyak yang membuang sampah di ssungai sehingga menyebabkan banjir dan mencemari lingkungan khususnya mencemari air bersih yang digunakan penduduk untuk kebutuhan sehari-hari.

Pelayanan jaringan listrik dan telepon di Dusun Sukamaju sudah tersedia. Untuk listrik yang bersumber dari PLN, tingkat daya yang digunakan di Dusun Sukaamaju yaitu sebesar 450 W yang dapat digunakan selama 24 jam penuh. Untuk jaringan telepon, warga Dusun Sukamaju mnggunakan kabel dari provider Telkom dengan pelayanan yang baik. Sebagian yang lain menggunakan seluler dengan provider telkomsel, indosat, dan Excelcomindo dengan kondisi pelayanan yang baik. Dengan pelayanan elepon dan listrik yang baik masyarakat Dususn Sukamaju mendapatkan kemudahan untuk menunjang kehidupaan sehari-hari.