UJUNG JAYA

Potensi Sumber Daya Alam

Keberadaan sumber daya alam di desa Ujung Jaya cukup  melimpah, terutama di sektor pertanian, dimana luas lahan pertanian di Desa Ujung Jaya mencapai 344 ha/m2 dan jumlah keluarga yang memiliki tanah pertanian adalah sebanyak 202 keluarga. Selain pertanian, Desa Ujung Jaya juga memiliki potensi pertanian kacang panjang dengan luas lahan 0,300 ha dan mentimun dengan luas lahan 0,200 ha. Dalam sector perkebunan, Desa Ujung Jaya banyak menghasilkan buah mangga dengan luas lahan 4 ha dan hasil produksi 10 Ton/Ha.

Jika dilihat dari sektor peternakan, potensi Desa Ujung Jaya adalah Peternak wallet untuk sarang burung wallet, dimana jumlah hewan mencapai 2000 ekor walau pemilik hanya 2 orang. Hewan lainnya adalah ayam kampong, dimana jumlah hewan mencapai 800 ekor dan jumlah pemiliknya 300 orang, serta bebek

Dilihat dari potensi galian dapat dilihat, bahwa Desa Ujung Jaya ini memiliki potensi Minyak bumi serta Gas alam, yang tentu jika bisa dimanfaatkan dengan baik dapat menguntungkan perekonomian Desa Ujung Jaya.

Minyak bumi Ada
Gas alam Ada

Tabel Potensi Galian

Desa ini juga terbilang beruntung, karena dilalui oleh sungai dan Kali Cimanuk, sehingga memudahkan irigasi dan juga sebelum air PAM masuk, kegiatan bersih-bersih masyarakat yang menggunakan air pun bertumbu pada sungai ini, bahkan juga untuk kebutuhan air minum. Sungai yang ada di Desa ujung Jaya ini berdebit sedang.

 

Jenis Jumlah (Unit) Pemanfaat (KK) Kondisi Baik/Rusak
Sumur gali 50 185 Baik
Sumur pompa 65 144 Baik
PAM 579 579 Baik
Sungai 3 205 Tercemar Sampah
Depot isi ulang 3 650 Baik

Tabel Sumber Daya Air Bersih

Selain sungai juga terdapat rawa, sebesar 10 ha yang dimanfaatkan masyarakat untuk cuci, mandi, dan irigasi.