Pengusaha Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Sirnasari

Berikut adalah esai (tugas akhir) yang ditulis oleh Ferry Faisal, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang sekaligus anggota kelompok KKNM Desa Sirnasari, mengenai pengusaha budidaya ikan air tawar di Desa Sirnasari.

 

Sirnasari merupakan sebuah Desa yang mempunyai kontur tanah yang subur dan sumber air yang melimpah dimana sumber air yang ada lebih banyak digunakan untuk mengairi sawah dan sebagian kecil lagi untuk kolam ikan.Desa Sirnasari di kelilingi oleh sungai sungai yang cukup besar dengan aliran air yang cukup deras dan air yang mengalir melalui sungai-sungai kecil dimana setiap harinya tidak pernah surut,air yang mengalir terlihat sangat bersih dan jernih.

Desa sirnasari memiliki lahan yang sangat luas, Pemanfaatan lahan kebanyakan hanya digunakan untuk sawah dan kebun sementara untuk kolam ikan hanya sebagian itupun hanya disebelah rumah dengan ukuran kecil,kolam yang ada hanya untuk tempat menampung bekas hajat orang tanpa terpikirkan untuk menjadi tempat usaha.Apabila dilihat dari segi peluang usaha,budidaya ikan air tawar cukup menjanjikan karena masih sedikit budidaya yang cukup besar di desa Sirnasari khususnya dan Kecamatan Sariwangi pada umumnya .Ikan yang cocok untuk budidaya di daerah ini adalah ikan mujair dan ikan mas.Sifat dari ikan mujair yakni mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan seperti kondisi air yang keruh,pemberian pakan yang tidak teratur. Dan keuntungan dari ikan mujair adalah pertumbuhannya yang cukup cepat.

Kebutuhan akan protein hewani di desa ini masih sangat tergantung dari daging ayam,kita tahu sendiri apabila daginng ayam di konsumsi setiap hari maka akan menimbulkan efek tidak baik karena ayam dalam pemeliharaannya di beri hormon untuk mempercepat pertumbuhannya. Hormon tersebut sebenarnya baik namun 3 hari sebelum panen hormon tersebut harus dihentikan sementara yang terjadi hal tersebut tidak dihentikan sehingga dapat menimbulkan efek buruk.

Setiap acara yang di adakan di desa ataupun acara lainnya hampir semua menggunakan daging ayam sebagai makanan sumber protein hewani.dilihat dari segi harga di pasaran harga daging ayam lebih tiggi dibandingkan harga ikan sehingga apabila tercetus suatu ide bahwa penggunaan ikan sebagai lauk sumber protein hewani maka akan menghemat biaya yang dikeluarkan.
Apabila dilihat dari jangka panjang yang akan di dapat maka sumber pendapatan dari desa ini akan meningkat sangat pesat dengan adanya sumber pendapatan baru yakni budidaya ikan. Setelah pendapatan meningkat maka angka kecukupan gizi masyarakat pun akan tercukupi. Masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan otomatis akan terserap dengan sendirinya apabila usaha budidaya ikan di desa Sirnasari telah maju.Apabila budidaya ikan telah memberikan prospek yang cerah untuk masa depan maka orang-orang yang ada di desa dengan sendirinya akan mengikuti budidaya ikan yang saya jalankan.Budidaya ikan cukup mudah untuk dijalankan hanya meliputi pembibitan,pemberian pakan dan manajemen pemeliharaan.

Ikan Jelawat. Salah satu jenis ikan air tawar yang digemari oleh masyarakat.

Ikan Jelawat. Salah satu jenis ikan air tawar yang digemari oleh masyarakat. (Sumber: serunyafishingclub.com)

Pembibitan

Pembibitan tidak memerlukan waktu yang cukup lama,hanya cukup memasukan ikan jantan dan betina dalam satu kolam setelah beberapa lama masukan media untuk bertelur ikan betina dan tunggu sampe telur ikan tersebut menetas dan siap untuk di budidayakan.Untuk menyiapkan bibit ikan mujair yang akan dipelihara, perlu diperhatikan hal-hal penyiapan media pemeliharaan, pemilihan dan pemeliharaan induk:

  • Ikan mampu memproduksi telur yang cukup banyak
  • Ikan dapat langsng beradaptasi denga pakan buatan yang di buat
  • Ikan resisten terhadap penyakit

Setelah didapatkan bibit ikan mujair yang baik maka hal selanjutnya adalah menyatukan jantan dan betina dalam sattu kolam sehingga nanti menghasilkan telur yang cukup banyak.Hal ini berlangsung sepanjang tahun tidak terbatas oleh cuaca ataupun hal lainnya,setelah telur-telur tersebut menetas maka diperlukan pemeliharaan yang cukup intensif meliputi kondisi air,ketinggian air,hama yang mungkin masuk ke kolam seperti burung dan yang paling penting adalah pakan yang diberikan tidak boleh asal-asalan

Pemeliharaan
Pemeliharaan pada ikan mujair tidaklah sulit,hanya cukup mengontrol air yang mengalir dan memberikan pakan secukupnya.
Meskipun saya dari fakultas peternakan,saya melihat prospek yang lebih menguntungkan dari bidang perikanan dibandingkan bidang peternakan karena masyarakat di desa ini lebih akrab dengan ikan di bandingkan dengan ternak baik itu ternak kecil ataupun ternak besar,hal tersebut karena kondisi alam di desa ini masih asri dan air masih sangat jernih. Pemilikan lahan yang ada hanya untuk pertanian,jumlah ternak yang dimiliki hanya meliputi ternak unggas saja seperti ayam dan itik.

Demikian hal tersebut saya paparkan,semoga dengan adanya pemaparan tersebut desa Sirnasari menjadi lebih maju dan masyarakat yang ada disini mempunyai pekerjaan sehingga rata-rata pendapatan masyarakat menjadi naik.Mohon maaf jika terdapat salah-salah kata dalam penulisan esai ini.